Kamis, 15 Desember 2016

Pentingnya Iman untuk diri kita

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah SWT berfirman:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِنْ تَـنْصُرُوا اللّٰهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ اَقْدَامَكُمْ

"Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu."

(QS. Muhammad: Ayat 7)

Dari penggalan ayat diatas kita dapat belajar sesungguhnya jika kita rela dan ikhlas untuk menolong, melindungi serta membetengi agama Allah maka Allah akan memberikan pertolongan yang setimpal untuknya.

dalam konteks pengertian ayat diatas ada ucapan Ya Ayyuhaladzi na'ammanu "wahai orang orang yang beriman", pada dasarnya hanya orang orang yang berimanlah yang akan dan mau bersedia untuk selalu menolong agama Allah SWT lain dengan orang orang munafiq.

Dan apabila ada seorang muslim yang tak sedikitpun mau untuk menolong agama Allah maka dia bukanlah orang yang beriman serta bertawakal kepada Allah SWT.

Lalu bagaimana caranya kita agar beriman kepada Allah ?

Allah selalu memberi kemudahan bagi kita semua agar kita dapat beriman kepadaNya, Allah juga telah memberikan kita isyarat dengan adanya rukun iman yang diantaranya :

1. Iman kepada Allah
2. Iman kepada Malaikat
3. Iman kepada Rasul
4. Iman kepada kitab suci Al Quran
5. Iman kepada Hari kiamat, dan
6. Iman kepada Qodo dan Qodar

1. Iman kepada Allah

Bagaimana cara kita untuk beriman kepada Allah ? Caranya adalah kita harus menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya (amar maruf dan nahi mungkar) jangan pernah kita ingkari apa apa saja yang sudah diwajibkan oleh Allah SWT selama kita hidup di dunia ini agar tak menyesal kelak di hari akhir.

2. Iman kepada Malaikat

Cara untuk beriman kepada malaikat, percaya bahwa malaikat itu telah mendapatkan tugas tugas dari Allah SWT, dan kita harus mengetahui apa saja tiap tiap tugas daripada malaikat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

3. Iman kepada Rasul

Rasul adalah Utusan, dan mereka telah diutus oleh Allah untuk menjadi seorang Nabi, maka mereka yang telah diutus oleh Allah untuk menjadi Nabi patut harus kita ketahui dan kita percayai.

4. Iman kepada Kitab Suci Al Quran

Bacalah Al Quranmu, jangan kamu jadikan Al Quran hanya sebatas penghias rumahmu sesungguhnya Al Quran bisa menyelamatkan kita dari panasnya api neraka ketika kita mau untuk selalu membaca, memahami bahkan menghafal Al Quran maka disitulah kita telah beriman kepada Al Quran.

5. Iman kepada Hari kiamat

Percaya dengan adanya dan datangnya hari kiamat meskipun kita tak pernah tau kapan akan datangnya hari kiamat, karna sesungguhnya kiamat itu benar dan memang akan terjadi.

6. Iman kepada Qodo dan Qodar

Percaya dengan takdir yang telah diberikan oleh Allah dan jangan sekalipun takabur masalah takdir serta bersyukurlah selalu atas qodratmu yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Dengan kita memahami keenam rukun iman tersebut maka barulah kita bisa menjadi orang yang beriman, jangan pernah menyerah untuk selalu berusaha bisa menjadi orang yang beriman karna sesungguhnya hanya iman kitalah yang mampu untuk menolong kita di hari penghisaban kelak.

Wabilahi taufiq wal hidayah
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar